Monday 28 September 2009

HIV / AIDS MENGECAM!!



      HIV (merupakan Imuno Deficiency Virus) adalah virus yang menyebabkan hilangnya kekebalan tubuh manusia. AIDS (Acquired Imuno Deficiency Syndrom) adalah gejala hilangnya kekebalan tubuh yang didapat karena tertular (bukan bawaan). Virus HIV menyebabkan AIDS, AIDS adalah penyakit mematikan yang sampai sekarang belum ada vaksin pencegahnya ataupun obat penyembuhnya, karena itu sangatlah menakutkan. Apabila HIV ini masuk kedalam peredaran darah seseorang, maka HIV menyerang sel-sel darah putih. Sel-sel darah putih ini adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh yang berfungsi melindungi badan dari serangan penyakit. HIV secara berangsur-angsur merusak sel-sel darah putih hingga tidak bisa berfungsi dengan baik. Badan sendiri berusaha membunuh HIV yang masuk dengan cara membentuk zat yang disebut antibodi. Tetapi antibodi ini tidak mampu membunuh HIV yang sudah masuk kedalam sel-sel darah putih.


      Beberapa gejala infeksi HIV yang pertama beberapa orang mungkin akan sakit beberapa hari atau beberapa minggu setelah terinfeksi. Tanda-andanya seperti flu, demam, pembesaran kelenjar meluas dan tidak jelas penyebabnya (timbul di leher, lipatan paha, dan ketiak) berkeringat malam, selajutnya timbul rasa lemas, penurunan berat badan sampai lenih dari 5 kg setiap bulan tanpa sebab yang jelas, baruk kering terus-terusan (seperti batuknya perokok), diare, bercak-bercak di kulit, pendarahan yang tak sebab jelasnya, sesak nafas, sakit tenggorokan. Tanda-tanda yang tidak khas ini adalah indikasi adanya kerusakan sistem kekebalan tubuh. Berbeda dengan tahap akhir, orang-orang yang sistem kekebalan tubuhnya telah demikian rusak menjadi penderita AIDS sering diserang penyakit berbahaya yang disebut infeksi oportunistik. Yaitu penyakit yang disebabkan oleh kuman-kuman yang biasanya hidup di dalam badan. Virus kuman-kuman tersebut dapat menimbulkan serangkaian penyakit berbahaya seperti beberapa jenis kanker kulit, kelainan di otak, dan penyakit mematikan lainnya.


      HIV ditularkan melalui cairan tubuh yaitu darah atau air mani, melalui transfusi darah, hubungan sexual baik heretosexual maupun homo seksual. Dahulu ada tanggapan bahwa HIV / AIDS hanya menular dilingkungan pelaku penyimpangan sexual (pelacur dan pelaku homosexual), tetapi sekarang ternyata bahwa tidak sedikit yang tertular HIV melalui transfusi darah dan penggunaan jarum suntik secara bergilir diantara para pecandu narkoba/ IDU (Injecting Drug User), biasa juga dari akupuntur, tindik, tato bekas yang dipakai pengidap HIV. Pemindahan HIV dari ibu hamil kepada janin yang dikandungnya.

No comments:

Post a Comment